Minggu, 30 Juni 2013

analisis wirausaha


Saya akan menganalisis kinerja seorang pebisnis plastic ware ( wadah makanan atau minuman) dari lingkungan saya. Beliau adalah ibu,Umi. Dia sekarang berumur 43 tahun.Sedangkan suaminya berumur 45 tahun.Suaminya  bekerja sebagai pegawai kantor pajak. Beliau memiliki anak sebanyak 5 orang, 2 perempuan  4 laki-laki.Dan saya akan menjelaskan  analisis kerjanya .

I.                    9 aspek yang  dilakukan ibu Umi dalam usahanya, yaitu:

1.       Peluang    Usaha        Baru

Pengertian
Maksud dari peluang usaha baru adalah proses dimana seseorang atau sekelompok orang yang melakukan kerja usaha.Tujuan dari peluang usaha baru adalah untuk meningkatkan produktivitas. Dimana dalam peluang usaha baru ini ada beberapa aspek yang dilakukan oleh wirausahawati ini, diantaranya ialah:

-          Dalam usaha barunya, wirausahawati ini memakai uang pribadinya dalam membuka usaha tersebut dan modal tambahan dari suaminnya  untuk memulai
-          Dalam usaha yang beliau lakukan, beliau melakukanya bersama dengan membernya yang banyak sehingga semakin banyak pesanan semakin besar pendapatannya
-          Beliau tidak memiliki usaha lain selain penjualan plastic wear dan kemungkunan dapat diteruskan oleh anaknya yang perempuan.
-          Dalam usahanya beliau dibantu oleh anak-anak dan pembantunya sehingga lebih hemat biaya
-          Presansi  adalah siapa yang lakukan sebuah usaha. Yang melakukan kegiatan penjualan ini adalah beliau sendiri,karena ia juga tidak tahu akan berbisnis karena beliau dari bidang yang berlawanan yaitu bidang kesehatan.


2.      Pembiayaan
Pengertian

Pembiayaan adalah menyediakan sumber daya. Dimana dalam membangun suatu usaha harus membutuhkan biaya yang diperlukan
Ada satu aspek pembiayaan yang dilakukan bu Umi
a)   Pengeluaran dalam bentuk  material
      Pada saat beliau memulai bisnis penjualan plastic warenya membutuhkan Rp.225.000 untuk awal pendaftaran member, ia memulainya dengan modal uang. Dan uang untuk belanja dalam paket yang tersedia untuk menjual produk awal beliau menghabiskan Rp.3.500.000

3.      Pemasaran

Pengertian
     Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan atau juga bisa diartikan dengan proses penyampaian produk dari produser ke konsumen. Dalam pemasaran ada 4 unsur atau sering disebut 4P, diantaranya            ialah    :

1.      Price
Pengertian
price adalah pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan atau nilai produk.
      Nilai atau harga produk plastic ware yang dijual berkisar Rp.50.000 sampai ratusan ribu rupiah karena produk yang dijual adalah wadah plastic ware ternama dari tupperware jadi tidak heran kalau sedikit lebih mahal dari merk lainnya dan pastinya dari bahan yang berkualitas.
2.      Produk

     Produk yang dihasilkan adalah produk barang. Dan produknya tersebut mempunyai beberapa      macam              diantaranya:

-          Pan
karena merk tersebut tidak hanya menghasilkan plastic ware mereka juga menyediakan pan untuk memasak dengan tambahan wadah yang dapat digunakn untuk mengukus salain mengukus pan tersebut dapat digunakan untuk menggoreng juga merebus.

-          Steam Pan
Steam pan atau panci kukus ini terbuat dari stainless steel yang kuat dan juga memiliki warna silver yang cerah dan desain yang sangat disesuaikan sehingga konsumen dapat tertarik.

-          Lunch Box
Lunch box atau kotak makan siang ini terdapat bermacam – macan desain yang menarik dan selalu berubah setiap edisinya.

-          Tall Square Round
Tall square round adalah sebuah produk dimana ini adalah pengganti toples yang biasanya ibu –ibu rumah tangga gunakan yang mana mudah pecah namun dengan produk ini ibu-ibu rumah tangga dapat menggunakanya tanpa perlu khawatir karena produk ini terbuat dari bahan yang berkualitas dan tentunya plastic dari tupperware yang tidak mudah pecah.

-          Drink ware
Wadah tempat minum pun bermacam –macam dengan bentuk dan desain yang juga berbeda dan dapat ditujukan untuk anak-anak maupun sang ayah dan selalu diupdate setiap edisi sehingga konsumen tidak merasa bosan.

Barang atau produk-produk diatas akan selalu terupdate karena mereka dari tupperware selalu melakukan inovasi-inovasi terbaru yang mereka lakukan untuk membuat pelanggan tertarik dan pastinya barang atau produk-produknya tidak akan membuat pelanggan atau member-member nya bosan.

3.      Place
Pengertian
    Place adalah tempat dimana si penjual memasarkan produknya. Pada saat pertama sekali dia memasarkan produknya,

Dalam hal ini beliau memasarkan atau menjual produknya dari member ke member karena member beliau yang cukup banya sehingga akan selalu ada yang memesan dan beliau juga menjual di rumahnya.


4.       Promotion
Pengertian
   
promotion ini adalah dimana si penjual memperkenalkan produknya. Si penjual mempromosikan produknya melalui 2 cara, yaitu:

-          Dengan cara langsung
Beliau mempromosikan atau memperkenalkannya produknya melalui katalog –katalog yang di sediakan dan katalog tersebuta selalu terupdate setiap edisinya sehingga lebih menarik ditujukan kepada orang-orang sekitar atau orang diluar lingkungan rumahnya.

-          Dengan cara tidak langsung
Dalam hal ini beliau memperkenalkan kepada orang atau tamannya yang jauh dengan menggunakan teitter atau e-mail atau dapat di pesan dan ditawarkan melalui sms dan setiap ada orderan dari member-membernya beliau niasanya melayaninya dengan sms atau BBM (Blackberry messenger).



 Kepemilikan

Pengertian
    
Yang dimaksud dengan kepemilikan ini adalah hak pelaku untuk memanfaatkan sumber daya.
Dalam kepemilikan ada 3 bentuk dalam membuat sebuah bisnis, diantaranya ialah:

1)      Bentuk usaha   perseorangan
Pengertian
     Maksudnya adalah usaha tersebut hanya dipegang 1 orang. Dan jika ada masalah dalam usahanya, dia sendiri yang menyelesaikan masalah tersebut.

2)   Bentuk usaha  persekutuan
Pengertian
     Maksudnya adalah bentuk usaha dimana 2 orang atau lebih bekerja sama untuk       mendapatkan      keuntungan



3)   Bentuk   usaha   perseoran
Pengertian
     Maksudnya adalah usaha yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan pemilik juga mempunyai tanggung jawab yang terbatas

Dari ketiga bentuk kepemilikan tersebut, sang sang penjual  ini melakukan usahanya dalam bentuk usaha perseorangan. Walaupun perseorangan beliau tetap dibantu oleh anaknya jika ada pesanan produk yang harus diantrkan kepada orang yang            ada      disekitar          rumahnya.

5.       Sumber     Daya    Manusia
     Maksudnya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur     tertentu   dalam        kehidupan.
Ibu umi  ini dikenal baik dan ramah sehingga orang yang ditawarkan merasa nyaman dan tidak ada paksaan untuk membeli setiap produkya.
6.        Organisasi
     Yang dimasud dengan organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam hal ini, setiap member termasuk ibu Umi datang ke kantor cabang tupperware untuk menghadiri sebuah pertemuan, pertemuan ini dapat meningkatkan penjualan mereka karena setiap member diberikan motivasi agar mereka terus berkembang.

7.        Kepemimpinan
    
Kepemimpinan yang dia lakukan adalah mengajarkan kepada anak-anaknya berbisnis karena anak anaknya suka membantu beliau dalam mengantarkan barang sehingga anak tersebut dapat belajar dari ibunya dan juga beliau mengarahkan pembantunya dengan baik dalam mengantar setiap produk pesanan kepada member-member yang ada disekitar rumahnya.


8.       Evaluasi    Usaha
     Yang dimaksud dengan Evaluasi Usaha adalah Suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi. Dalam evaluasi usaha yang dimilikinya, analisis sosial yang dimiliki dalam dirinya adalah:

1)      Evaluasi           lingkungan
    Evaluasi lingkungan yang beliau lakukan adalah biaya dan manfaat sosial. Jika beliau mendapat bonus besar, beliau mengamalkan uangnya ke masjid sekitarrumahnya. Dengan banyak beramal beliau berfikir semakin banyak sedekah rezeki akan terus mengalir dengan lancar.

2)       Etika sikap dan etika bisnis yang dia miliki, sangat bagus. beliau sangat ramah dengan masyarakat sekitar beliau jug adengan ramah menawarkan produknya dan merekrut member nya dengan ramah tanpa paksaan sehingga calon pembeli atao member yang ingin membeli atau yang ingin bergabung berjualan seperti beliau merasa nyaman.

9.        Pengembangan  Usaha
     
Yang dimaksud dengan pengembangan usaha adalah proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha.
   
       Dan menurut ibu Umi ,beliau menjelaskan bahwa perkembangn usahanya sampai saat ini masih berjalan dengan baik,dan terkenalnya produk tupperware nya pun dapat meningkatkan pejualan beliau karna variasinya,desain serta kegunaanya yang peraktis membuat konsumennya tertarik terutama dikalangn ibu-ibu.
Dalam pengembangan usaha, dia mempunyai beberapa tingkat yang dia lakukan dalam      mengembangkan        usahanya,                    diantaranya:

1)      Dari     tingkat              Produk
     Sekarang ini tingkat produk yang beliau miliki, semakin bertambah. Karena tupperware selalu menyediakan produk-produk yang berkualitas dan dibuat sesuai kebutuhan ibu-ibu masa kini sehingga produk selalu terupdate dan baru.

2)      Dari     tingkat               Komersial
     Jika dalam bisnis nya beliau mendapat masalah beliau akan memikirkan bagaimana agar bisnisnya terus berlangsung dan tidak berhenti


II.                  Penjelasan                        dari     kesuksesan     usaha

1)      Kebutuhan     Pokok Ibu       Umi

    
Dari kebutuhan pokok ini, ada 5 bagian yang dialami oleh ibu Umi

a)         Kebutuhan        papan

         Pada saat ini, beliau sudah menempati rumah  sendiri, dan tidak menyewa. Karena dari pendapatan suaminya pun cukup untuk memiliki sebuah rumah. Ka sebelum dia mengikuti penjualan plastic ware ini beliau hany ibu rumah tangga biasa yang merawat anak-anaknya, dan rumah yang beliau tempati bersama keluarganyapun cukup besar.

b)          Kebutuhan       sandang

         Kebutuhan sandang yang ada dan telah mereka miliki telah tercukupi dan tidak ada yang kurang karena penghasilan bu umi sudah besar begitu pula dengan penghasilan yang dimiliki oleh suaminya.

c)       Kebutuhan           pangan

      Dari kebutuhan pangan, ini sudah termasuk dalam makanan mereka sehari-hari. Makanan mereka seperti keluarga lain hanya saja lebih lengkap dengan tambahan buah-buahan sebagai pencuci mulut. Karena dari awal, mereka adalah orang yang bisa dikatakan orang yang mampu,dan penghasilan dari suaminya pun juga mencukupi mereka jarang merasa kekurangan makanan sehari-hari atau kebutuhan selama kegiatan penjualan plastic warenya.

d)       Kesehatan

       Dari yang dilihat sekarang ini, kesehatan mereka masih dalam keadaan baik. Keadaan ibu Umi ,suami,beserta anak-anaknya masih dalam     keadan        baik.  Penyakit yang pernah mereka alami hanya terserang flu,batuk ataupun demam yang disebabkan oleh perubahan cuaca.



e)            Pendidikan

      
Pendidikan ibu Umi  sampai Kuliah di Universitas Indonesia Fakultas MIPA. Dan beliau pernah mengenyam bangku SMK  Dan waktu beliau di SMK, beliau mengambil jurusan farmasi. .Ibu Umi juga pernah bekerja di sebuah apotek ,tentu saja itu sesuai bidangnya tetapi beliau memilih berbisnis berjualan tupperware sampai saat ini ,dari bidang yang sangat bertolak belakang dari dunia kesehatan ke dunia usaha namun dengan ketekunannya hal itu tidak sia-sia dan mungkin ini adalah keputusan yang tepat karena dengan berjualan tupperware dan dengan member-member beliau yang banyak, beliau mendapat penghasilan yang tinggi saat ini beliau menyekolahkan sebagian anaknya di Lampung dan kebanyakan dari mereka disekolahkan di madrasah mungkin karena dari background keluarganya yang dikenal religius sehingga mereka masuk madrasah dan sebagian anak di sekolahkan di Depok dikarenakan ketidakmauan anaknya bersekolah di Lampung.



2)      Masalah          hutang

    
Dalam hal ini ,beliau tidak membicarakan dengan jelas  mungkin karena hal ini adalah masalah pribadi yang tidak perlu diberitahukan kepada orang lain.

3)       Orang yang membantu

   Terdapat orang yang membantu Ibu Umi dalam mengerjakan penjualan dan penyediaan produk produknya mereka adalah anak-anaknya dan pembantunya dengan hal ini ia meminta tolong dengan santun dan baik ,dengan begini anak-anaknya dapat belajar bewirausaha dan kegiatan ini dapat diteruskan.



4)      Gaya Hidup
Yang saya lihat gaya hidup keluarganya sampai sekarang masih sejahtera dan tidak ada masalah yang terjadi dalam keluarganya. Gaya hidup mereka juga sangat baik, dan benar-benar seorang yang bependidikan. Anak-anaknya juga tidak ada masalah dengan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar