Minggu, 16 Desember 2012

3.Usaha manusia dalam mempertahankan keindahan dalam bahasa daerah yang terdapat di Indonesia


Latar Belakang

          Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan juga sekaligus menjadi bahasa pengantar komunikasi antar warga Negara Indonesia. Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki berbagai macam keanekaragaman budaya, suku, dan bahasa. Sesuai dengan judul tersebut di atas, saya akan membicarakan tentang keanekaragaman bahasa di seluruh Indonesia yaitu yang berkaitan dengan bahasa daerahnya masing-masing. Meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional resmi, bukan berarti bahasa daerah tidak dipergunakan lagi. Menurut saya tidak ada yang harus lebih diutamakan, baik bahasa Indonesia maupun bahasa daerah keduanya sama-sama budaya bangsa yang harus kita lestarikan bersama. Meskipun kita sering menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan kita sehari-hari, ada baiknya kita tidak pula melupakan bahasa daerah yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita terdahulu.


            Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya jumlah bahasa daerah yang menjadi sumber kekayaan tersendiri bagi bangsa Indonesia selain sumber daya alamnya yang berlimpah. Seperti bahasa daerah yang kini mulai dilupakan, bukan tidak mungkin jika hal yang sama akan terjadi dengan bahasa Indonesia. Akhir-akhir ini, pemahaman untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris seperti suatu keharusan. Memang untuk saat ini dapat menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris itu sangatlah penting karena bahasa ini sudah menjadi bahasa umum yang mendunia sehingga semua sekolah ataupun universitas di seluruh dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran atau mata kuliah pokok dan wajib yang harus dipelajari. Tetapi sangat disayangkan sekali jika kemudian dengan maksud ingin menguasai bahasa asing tersebut lantas kita melupakan bahasa daerah dari negara kita sendiri.

                Contoh Kasus  :

Seringkali istilah yang ada di dalam bahasa daerah belum muncul di bahasa indonesia sehingga bahasa indonesia memasukkannya istilah tersebut , contohnya “ gethuk “ { penganan dibuat dari ubi dan sejenisnya yang direbus, kemudian dicampur gula dan kelapa (ditumbuk bersama) } karena di bahasa indonesia istilah tersebut belum ada , maka istilah “ gethuk “ juga di resmikan di bahasa indonesia sebagai istilah dari “ penganan dibuat dari ubi dan sejenisnya yang direbus, kemudian dicampur gula dan kelapa (ditumbuk bersama) “


           Tanggapan :


Salah satu cara mempertahankan bahasa daerah adalah dengan tidak melupakannya dan tetap menggunakan bahasa daerah di saat tertentu . Usahakan kita mengurangi penggunaan dari penggabungan kata dari bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris seperti contoh di atas dan kita juga harus memiliki kepedulian dengan bahasa Indonesia tersebut untuk mempergunakannya secara baik dan benar dan sesuai dengan EYD yang tidak dicampur-adukkan dengan bahasa tidak baku seperti bahasa gaul atau bahasa alay anak-anak zaman sekarang.



Sumber : hanilitha.blogspot.com/
            -http://wakuadratn.wordpress.com/2011/08/05/hubungan-fungsi-bahasa-daerah-dengan-bahasa-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar